Pengaruh Positif Terlibat dalam Pendidikan Anak Anda

bisnis

Telah ditunjukkan berkali-kali dalam studi penelitian bahwa orang tua yang terlibat dalam pendidikan anak mereka memiliki dampak positif. Ini tercermin dalam peningkatan nilai dan nilai ujian, kehadiran yang kuat, tingkat penyelesaian pekerjaan rumah yang lebih tinggi, tingkat kelulusan yang lebih tinggi, peningkatan sikap dan perilaku pada anak, serta anak yang lebih mungkin terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler positif. Kirimkan pesan sejak dini dalam pendidikan anak Anda bahwa rumah Anda adalah pendukung yang aktif dan aktif dalam pembelajaran mereka.
Mungkin elemen terpenting dari lingkungan belajar yang positif di rumah adalah struktur. Tetapi apa yang terlalu sedikit atau terlalu banyak? Jika kita terlalu lunak atau berharap terlalu sedikit, anak Anda mungkin menjadi tidak teratur atau tidak termotivasi. Jika kita terlalu kaku dan ketat, itu dapat menyebabkan tekanan yang tidak semestinya atau menyebabkan anak Anda merasa tidak mampu memenuhi harapan Anda.
Jadi apa cara terbaik untuk bertemu di tengah dan menciptakan lingkungan belajar yang positif untuk anak Anda di rumah?
Bantu anak Anda mengembangkan area kerja di mana mereka dapat belajar dan fokus tanpa terganggu. Anak-anak biasanya lebih baik ketika mereka memiliki area belajar pribadi yang jauh dari gangguan. Jika anak Anda lebih suka melakukan pekerjaan mereka di meja dapur, pastikan anggota keluarga lain memahami bahwa dapur itu terlarang selama waktu belajar. Pastikan anak Anda memiliki banyak persediaan dan bahan referensi yang tersedia dan daerah tersebut memiliki banyak cahaya. Terlepas dari lokasinya, pastikan daerah itu tenang dan bahwa anak Anda dapat belajar dan bekerja tanpa gangguan.
Sepakati waktu reguler untuk belajar. Untuk membantu anak Anda membuat pekerjaan rumah menjadi kebiasaan, jadwalkan waktu yang ditetapkan setiap hari untuk pekerjaan rumah. Mungkin memecah waktu belajar menjadi lebih kecil akan lebih baik bagi anak Anda daripada satu periode yang padat. Bekerjalah dengan anak Anda untuk mencari tahu apa yang terbaik bagi mereka. Selain itu, pastikan anak Anda memiliki waktu istirahat yang cukup antara waktu mereka tiba di rumah dari sekolah sebelum mereka duduk untuk bekerja agar ‘dekompresi’ dari hari sekolah mereka.
Bantu anak Anda mengembangkan metode melacak tugas pekerjaan rumah. Ini bisa menjadi tugas yang sulit bagi sebagian siswa. Mengembangkan cara yang berhasil melacak tugas kemudian mencoretnya saat selesai membantu mereka mengembangkan metode produktif untuk menyelesaikan tugas di kemudian hari.
Kembangkan jalur komunikasi positif dengan guru anak Anda. Guru biasanya sangat bersedia dan bersemangat untuk bekerja dengan orang tua yang terlibat untuk membantu keberhasilan anak secara keseluruhan di sekolah. Baik itu catatan yang dikirim bolak-balik di ransel anak Anda atau korespondensi email, pastikan guru Anda tahu saran Anda sebagai cara untuk membantu mereka dalam pekerjaan rumah dan proses belajar di rumah dengan lebih baik.