Nutrisi untuk Anak Usia 4 – 6 Tahun

Posted on


Di samping keperluan zat Gizidat makro laksana yang dinamakan di atas, anak pun tak boleh kelemahan zat gizi mikronya. Maka itu, pastikan kita memenuhi keperluan vitamin dan mineral anak dalam sehari dengan memberikannya sumber makanan bergizi.

Daging fauna tanpa lemak dari ikan, ayam, dan unggas dapat menolong memenuhi keperluan zat gizi mikro. Mulai dari zat besi, seng, kalsium, natrium, tembaga, vitamin A, vitamin B, serta segudang vitamin dan mineral lainnya.

Salah satu mineral yang baik untuk perkembangan tubuh anak yaitu kalsium. Kalsium sangat dibutuhkan untuk pembentukan tulang dan gigi anak. Bukan melulu itu, kalsium juga dibutuhkan untuk faedah jantung, pembekuan darah, serta faedah otot.

Sumber utama kalsium ialah semua susu dan produk susu, laksana keju dan yogurt. Untuk anak prasekolah, disarankan untuk menemukan asupan susu selama 200 ml masing-masing hari. Agar kalsium bisa terserap dengan baik dalam tubuh, sandingkan sumber kalsium anak dengan makanan sumber vitamin D.

Contohnya ikan tuna, salmon, sarden, makarel, kuning telur, dan beda sebagainya. Dengan terpenuhinya asupan gizi tersebut, dapat membantu menunjang tumbuh kembang tubuh dan benak anak umur prasekolah.

Pilihan camilan sehat guna anak umur prasekolah

Di samping menyerahkan makanan utama, tidak boleh lupakan peran camilan dalam pola santap harian anak. Pasalnya, asupan gizi harian anak umur prasekolah tidak tidak jarang kali terpaku dari makanan utama saja. Ada kalanya anak merasakan sakit atau masalah kesehatan lainnya, yang memengaruhi frekuensi serta jumlah asupan makanannya.

Sedangkan dengan santap camilan, minimal dapat menolong meyakinkan keperluan gizi harian anak terpenuhi. Jangan asal, pemberian camilan usahakan yang kaya gizi sekaligus dapat membuat anak merasa lebih kenyang.

Berikut opsi camilan sehat untuk mengisi gizi anak prasekolah:

Yogurt
Jus buah
Susu
Telur orak arik (scrambeld egg)
Sereal kering atau dengan susu
Biskuit gandum
Potongan sayuran rebus atau buah
Puding
Potongan daging ikan atau ayam tanpa lemak
Dll
Contoh menu sehari untuk mengisi gizi anak prasekolah
gejala alergi makanan pada anak

Sebenarnya tidak susah untuk mencukupi keperluan gizi anak prasekolah masing-masing harinya. Anda dapat menggabungkan makanan kesenangan anak, dengan mengenalkannya pada jenis makanan baru lainnya secara perlahan.

Supaya lebih mudah, misal menu sehari yang dapat diberikan guna anak:

Makan pagi (sarapan)

2 eksemplar roti gandum (70 gram)
4 eksemplar daun selada (10 gram)
3 iris tomat (10 gram)
1 eksemplar daging asap rebus (30 gram)
1 gelas susu putih (200 ml)
Selingan (camilan)

2 potong buah pepaya ukuran besar (200 gram)
Makan siang

1 piring nasi putih (100 gram)
1 mangkuk sedang sayur bayam jernih (40 gram)
1 potong dada ayam panggang tanpa kulit (55 gram)
1 potong tahu (50 gram)
Selingan (camilan)

1 buah mangga ukuran besar (200 gram)
Makan malam

1 piring nasi putih (100 gram)
1 mangnkuk sedang tumis sawi hijau (40 gram)
1 potong sup ikan patin (50 gram)
1 potong tempe (50 gram)

Gravatar Image
Traveler