Manfaat pelatihan kekuatan eksplosif untuk sepak bola rugby

Posted on

Tidak seperti bentuk sepak bola lainnya, rugby dapat bermanfaat dilihat sebagai suksesi keterlibatan fisik yang berkepanjangan, baik antara pemain individu atau antara kelompok pemain. Masing-masing perjanjian ini menuntut latihan kekuatan fisik yang substansial. Sementara pelatihan kekuatan dasar harus membentuk dasar untuk keterlibatan semacam itu, harus juga ada fokus pada pengembangan kekuatan ledakan yang sesuai dengan aktivitas tertentu.

Selama periode yang panjang ketika pemain bertarung secara fisik dengan lawan lawan mereka, mereka terus mengalami pemuatan yang jauh lebih besar daripada berat badan mereka sendiri. Dan, karena resistensi tambahan itu hidup, sering kali ada masalah untuk mengatasi tidak hanya inersia tetapi juga kekuatan balasan yang dipicu oleh gerakan yang memulai.

Dalam rugby modern perhatian yang cukup diberikan untuk kebugaran dan pengkondisian aerobik serta latihan beban dasar, tetapi ada fokus yang sangat terbatas pada pengembangan kekuatan eksplosif spesifik-aktivitas. Ini terlepas dari kenyataan bahwa kemampuan untuk menghasilkan kekuatan yang sangat cepat dapat menghasilkan keunggulan kompetitif di setiap bidang keterlibatan fisik dalam rugby:

Dalam situasi scrum atau maul, sangat sulit untuk mengecilkan paket lawan ke belakang kecuali ada aktivitas ledakan yang disinkronkan. Jika satu paket mulai bergerak maju dengan lambat atau jika hanya satu atau beberapa pemain yang mencoba untuk melakukan dorongan, mereka tidak mungkin dapat mengatasi kelembaman dari massa tubuh paket yang berlawanan. Selain itu, upaya maju yang hampir pasti akan memicu kontra-dorongan yang hampir segera. Di sisi lain, jika sebuah paket tiba-tiba dan eksplosif mulai bergerak maju sebagai unit yang disinkronkan dan disinkronkan, mereka cenderung dapat menghasilkan momentum dan menempatkan lawan mereka di belakang.

Elemen kuncinya adalah bahwa masing-masing pemain depan memiliki kekuatan dasar dan kapasitas untuk menghasilkan kekuatan dengan cepat. Namun, penting agar gerakan mereka disinkronkan. Jika salah satu dari unsur-unsur kekuatan, ledakan, dan sinkronisitas ini tidak ada, usaha tersebut kemungkinan terbukti sia-sia atau bahkan kontraproduktif.

Dalam situasi tackle ada keuntungan besar dalam memaksa lawan, apakah pembawa bola atau tackler, kembali dari garis pertunangan. Untuk melakukan ini secara efektif, tindakan harus kuat dan praktis instan.

Selain itu, ball-carrier dengan explosive leg drive sering dapat menyapu melewati tackle yang telah dicoba, sementara tackler dengan atribut serupa dapat dengan kuat mengamankan ball-carrier dan membawanya ke darat.

Pada kehancuran permainan setelah mengatasi kemampuan untuk mendorong kembali atau “membersihkan” pemain lawan dari keributan menawarkan peluang untuk memenangkan kontes untuk bola atau setidaknya menempatkan tim lawan dalam situasi yang tidak menguntungkan. Satu-satunya cara efektif untuk memenangkan kontes breakdown adalah dengan menerapkan kekuatan yang sangat besar dengan cara yang eksplosif.

Hasil dari kontes lineout sangat tergantung pada seberapa tinggi pelompat bisa naik, tetapi juga pada seberapa cepat dia bisa mencapai titik itu. Ini tidak hanya membutuhkan lompatan vertikal yang sangat baik oleh jumper, tetapi juga kemampuan pemain pendukungnya untuk secara paksa mengangkatnya. Baik melompat dan mengangkat membutuhkan bentuk kekuatan ledakan tertentu.

Ketika paket forward secara merata dicocokkan dalam kekuatan dan teknik, dan teknik defensif terkoordinasi dengan baik, permainan rugby sering dapat menjadi perang gesekan, dengan tim berusaha untuk saling menjatuhkan selama permainan. Sangat sulit untuk mempertahankan konsentrasi dan kewaspadaan selama permainan 80 menit, dan kapasitas untuk tindakan eksplosif memungkinkan eksploitasi kelelahan dan kekurangan perhatian. Ini memberikan kejutan dan ketidakpastian, sambil membatasi kemungkinan reaksi yang tepat.

Pelatihan kekuatan untuk rugby harus selalu didasarkan pada fondasi yang kuat dari kekuatan dasar; tetapi para pelatih yang berusaha untuk mendapatkan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan akan melakukannya dengan baik untuk memasukkan program komprehensif pelatihan khusus kegiatan untuk kekuatan ledakan.